15 April 2013

Upgrade Github on Backtrack

Github, merupakan salah satu social media di dalam bidang programming. Sebuah developer kini bisa berinteraksi langsung dengan pengguna atau developer yang ingin berkontribusi di dalam Github, sehingga koreksi program dapat dilakukan secara cepat dengan sistem berbagi sumber daya dari program. Tak pelak, kini semua developer berbondong-bondong untuk memindah semua sumber daya dari program yang mereka kembangkan menuju Github.
Sayangnya secara default dalam Backtrack 5r3, Github yang terinstall adalah versi lama yaitu 1.7.0.4. Pada repository default Backtrack, Github disertakan seadanya, mengingat kebutuhan Github dalam OS ini hanya untuk mengunduh berbagai tools yang digunakan dalam aktivitas hacking. Sehingga dengan versi 1.7.0.4 adalah cukup untuk urusan mengunduh beragam tools yang dikembangkan tersebut. Lalu bagaimana jika kita ingin memulai sebuah proyek, atau sekedar berbagi tools yang telah kita modifikasi sendiri? Jawabannya tentu kita harus meng-upgrade Github yang terinstall pada Backtrack. Sebab saya sudah mencoba melakukan perintah git push, namun dalam versi 1.7.0.4 terdapat error yang tidak bisa saya atasi. Sehingga solusinya adalah meng-upgrade Github.
Git Push
Untuk memulai upgrade Github, perlu diketahui kita akan memakai repository PPA dari Github. Gunakan perintah di bawah untuk menambahkan PPA stabil dari Github.
root@h3:~# add-apt-repository ppa:git-core/ppa
Setelah itu kita lakukan update pada sistem, kemudian mulai upgrade Github dengan perintah di bawah.
root@h3:~# apt-get update && apt-get install git-core
Kini Github dalam sistem Backtrack Anda telah ter-upgrade. "i'm not a pentester, but just a beginner".
Happy Analyst!

0 comments: