Skip to main content

Be Java Developer from Zero

Assalamu'alaikum..

Menjadi Developer (red: Programmer) di tahun-tahun ini ialah sebuah kebutuhan industri yang menjanjikan, karena perkembangan dunia IT sangatlah pesat, baik di lingkup nasional maupun internasional. Virus "start-up" pun mulai menjamur dimana-mana termasuk di dalam negeri. Berbagai industri kreatif yang tadinya tidak bersinggungan dengan dunia IT, kini semua mengarahkannya menuju kesana. Tak ayal semuanya berbondong-bondong meng "online" kan produk masing-masing. Dari proyek rintisan semacam start-up hingga industri yang sudah mapan sekalipun telah merambah semuanya, sehingga banyak sekali vendor-vendor perangkat lunak yang menyediakan solusi penyediaan sistem kebanjiran proyek di sana-sini.
Berbagi pengalaman sebagai developer, saya akan mencoba membagikan ilmu yang saya dapatkan selama berkecimpung di dunia profesional. Karena tak semua developer melulu berasal dari jurusan IT (CATAT!). Meskipun posisi developer dianggap sebagian orang sebagai posisi "kuli", namun disanalah asyiknya broh, sist. Loh kenapa ada sist? Mungkin akan tabu sekali jika teman-teman mendengar developer profesional dari kaum hawa?! It's totally wrong! Bahkan sebagai developer, terkadang mereka lebih telaten daripada kita kaum adam. Tentu saja kalau sudah berpasangan lebih baiknya berhenti bekerja dan mengabdi sepenuhnya untuk suaminya, hehe.
Balik lagi ke topik, sebagai roadmap dan kelanjutan tulisan ini nantinya saya akan memberikan tutorial-tutorial singkat dan padat diharapkan bisa menjadi referensi teman-teman untuk belajar teknologi Java (karena latar belakang saya developer Java) dan juga tips dan trik bagaimana mengatasi permasalahan dalam pemrograman Java secara praktis. Di tulisan awal kali ini saya hanya akan memberikan gambaran-gambaran bagaimana belajar menjadi Developer Java (khususnya untuk web, bukan desktop) dari nol. Berikut adalah persiapan yang dibutuhkan.
Daftar amunisi:
  1. Belajar Pemrograman Java
  2. Belajar HTML
  3. Belajar Command Line (Linux/Windows/macOS)
  4. Belajar Database
Belajar Pemrograman Java
Ini adalah step fundamental, karena kita akan belajar untuk mempersiapkan diri menjadi developer Java, jadi sebuah keharusan untuk menguasai dasar-dasar bahasa pemrograman Java. Mulai dari konsep OOP (Object Oriented Programming) nya Java, hingga I/O dan multi-threading. Kalau teman-teman sudah menguasainya, silahkan menuju bahan kedua.

Belajar HTML
HTML merupakan sebuah teknologi untuk menampilkan halaman website yang paling dasar. Karena kita akan berkecimpung di website maka menguasai juga merupakan keharusan. Silahkan gunakan browser teman-teman untuk mencari referensi yang melimpah ruah di jagat dunia maya ini.

Belajar Command Line (Linux/Windows/macOS)
Ini juga merupakan suatu keharusan. Mungkin pada awalnya teman-teman akan takut karena membayangkan mengetik sesuatu di terminal/command prompt adalah pekerjaan hacker, namun teman-teman tak perlu khawatir karena mengetikkan perintah pada terminal/command prompt itu sangat asyik. Karena itu hanyalah perintah yang diulang-ulang saja, bahkan kalau teman-teman malas menulis tiap ingin menjalankan perintah tersebut, teman-teman bisa menulis tiap perintah spesifik pada note dan tinggal copy-paste saat pada terminal/command prompt saat ingin menjalankan perintah tersebut. Mudah bukan?!

Belajar Database
Basis Data atau database ialah sesuatu yang mudah dipelajari. Bahkan saya yang tidak sempat mengambil mata kuliah tersebut di semester akhir saya alhamdulillah mampu mempelajari dasar-dasarnya dalam waktu sebulan saja. Intinya database ialah menyimpan data berupa text yang berbentuk tipe data tertentu. Untuk awal lebih baik kita mempelajari database relasional. Sarannya tentu database relasional sejuta umat yakni, MySQL, haha.

Ke-empat materi di atas ialah permulaan awal yang nanti akan saya bahas juga dalam tulisan-tulisan selanjutnya. Jika memang berniat untuk belajar dan terdapat pertanyaan "saya masih belum bisa apa-apa dan tidak tahu semua di atas apakah saya bisa?" Tentu jawabannya adalah bisa. Asalkan teman-teman tekun mengulik dan bertanya, insyaAllah teman-teman akan bisa. Mungkin cukup sekian dulu pendahuluannya. Untuk tulisan selanjutnya kita akan melakukan instalasi JDK (Java Development Kit) pada laptop/PC/Mac dan membuat program sederhana Hello World! (dalam satu tulisan).

"Ke semua ilmu yang akan saya bagikan ialah ilmu dunia, sehingga jangan sampai melalaikan teman-teman semua dari ilmu agama, dahulukanlah mempelajari ilmu agama yang akan membawa teman-teman dalam kemenangan yang nyata daripada kemenangan semu"

Wassalamu'alaikum..

Comments

Popular posts from this blog

Share Connection eth0 on Kali

When I was still using Backtrack as pentest Operating System on my netbook, I need to configure everything about networking, include sharing connection over eth0 interface. I must type on the terminal to set up the interface, then set the IP and netmask, etc. After setting the interface connection, I also must to configure  iptables to forwarding the internet connection from the other interface into eth0 , and the last step I must turn on forwarding rule. It's really fun, although need several step to do it. But, when I am using Kali Linux, I realise that the step which can I do on backtrack doesn't running on Kali Linux. After learn several option about networking on Kali, finally I can share connection over eth0 on Kali Linux. Okay, the first assume that we must have connected internet (not using eth0 ). Next, when your connection are ready, you can right click on the networking icon, select Edit Connection. Edit Connection When the window "Networking Connectio

Bypassing Nokia Maps N9

Nokia N9 have maps application, both of Nokia Maps and Nokia Drive are related one to other. But the same problem with Nokia Drive on Nokia N9 also occur in Nokia Maps (see here ). Nokia Maps also need logged in Nokia Account before you can use Nokia Maps. So I think the same way with bypassing Nokia Account in Nokia Drive will be succeed too in Nokia Maps. The same step can be read on my previous post here , until preparing the configuration Nokia Drive download. Okay let's go! First, make sure you have installed Filebox and setting to show hidden files and show root filesystem. Open browser on your N9 and download Modified Nokia Maps Configuration here . Don't press clear when the download has finished, just tap Done. Go to Filebox, and navigate to /home/user/MyDocs/Downloads , you'll found Maps.conf there, copy and paste this file into /home/user/.config/Nokia . But I recommend you if there's existing Nokia Maps Configuration backup it into Maps.conf.bak the

Indonesian Dark Wordlist

Indonesian Dark Wordlist adalah proyek baru dari Unlisted Developer yang menghasilkan kumpulan kata (wordlist) berbasiskan pada Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) untuk berbagai keperluan, misalnya teknik bruteforce atau aircracking . Kami masih melihat proyek-proyek sebelumnya masih tidak jelas kelanjutan proyeknya dalam membuat Wordlist, maka dari itulah kami membuat proyek ini sebagai jembatan kepada teman-teman lain yang membutuhkan wordlist yang lengkap tanpa harus bersusah-susah meng- generate . Mengingat proyek ini masih dalam tahap awal, maka banyak sekali kelemahan-kelamahan yang ada, sehingga kami mengharapkan kritik dan saran yang membangun, supaya kami bisa berbenah dalam setiap tambahan waktu. Selain itu, kami juga masih membuka peluang kepada teman-teman yang ingin bergabung dalam proyek ini, silahkan menghubungi saya via email atau tinggalkan komentar pada tulisan ini. Tidak ada syarat ketentuan khusus, hanya syarat umum yaitu bisa mengoperasikan komputer (mengerti